humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Majelis Tasbih UNIDA: Pentingnya Memakan Makanan Halal dan Thoyyib Bagi Kesehatan

Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin mingguan Majelis Tasbih pada Jumat (06/09/2024) di Majelis Baitul Hamdi (MBH) UNIDA. Dalam Majelis Tasbih kali ini, dosen Sekolah Pascasarjana UNIDA Dr. Ir. Mardiah, M.Si, menyampaikan materi berjudul “Makanan Fungsional Dampaknya pada Kesehatan".

Dalam pemaparannya, Dr. Ir. Mardiah, M.Si menjelaskan bahwa makanan merupakan kebutuhan yang esensial bagi kehidupan manusia. Kebutuhan mendasar manusia tersebut bisa menyehatkan dan bisa juga sebaliknya bagi tubuh manusia.

Maka dari itu jangan berlebihan dalam makan dan minum,” ujarnya.

Dr. Ir. Mardiah, M.Si kemudian menerangkan dalam Qur’an Surat Abasa ayat 24 yang artinya “maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”.

Dalam kesempatan ini, Dr. Ir. Mardiah, M.Si memberikan tips sehat ala Nabi Muhammad SAW, diantaranya yakni berhentilah makan sebelum kenyang, makan secukupnya, memakan makanan yang halal dan baik dikonsumsi, tidak meminum khamar atau miras, berpuasa wajib dan sunah-sunahnya serta berolahraga yang teratur.

Dr. Ir. Mardiah, M.Si mencontohkan, memakan makanan yang baik, seperti makan buah-buahan yang sehat. Adapun beberapa buah dalam Al-Qur’an yang bermanfaat bagi tubuh dengan segala keistimewaan di dalamnya untuk kesehatan manusia, seperti buah tin, zaitun (minyaknya), kurma, anggur, delima dan buah pisang.

Simak kembali pemaparan Dr. Ir. Mardiah, M.Si lengkap mengenai "Makanan Fungsional Dampaknya pada Kesehatan" melalui kanal YouTube UNIDA TV atau klik langsung tautannya: https://www.youtube.com/watch?v=F5OJrUNRMfQ