humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Manfaatkan Potensi Desa, Mahasiswa Kelompok 8 KKN FIPHAL UNIDA Ciptakan Produk Inovasi Bubuk Cabai Daun Singkong

Mahasiswa Fakultas Ilmu Panga Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 8 Kuliah Kerja Nyata (KKN) laksanakan ciptakan produk inovasi Bubuk Cabai Daun Singkong di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Jumat, 27 Agustus 2024.

Produk Bubuk Cabai Daun Singkong ini merupakan hasil riset mahasiswa Kelompok 8 KKN FIPHAL UNIDA dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di Desa Pasir Jaya yang diharapkan dapat menambah nilai jual sumber daya alam di Desa Pasir Jaya.

Dengan melimpahnya cabai dan daun singkong di Desa Pasir Jaya, mahasiswa Kelompok 8 KKN FIPHAL UNIDA melihat peluang untuk menciptakan produk olahan yang dapat bernilai jual. Berbagai riset dan eksperimen telah dilakukan sehingga berhasil menemukan formula yang tepat untuk menggabungkan cabai dan daun singkong sehingga menghasilkan bubuk cabai dengan cita rasa yang unik.

Kemudian mahasiswa juga melakukan demonstrasi pembuatan produk Bubuk Cabai Daun Singkong agar masyarakat dapat memanfaatkan produk ini untuk membuka usaha yang diharapkan dapat menjadi produk unggulan desa.

Warga Desa Pasir Jaya sekaligus peserta demonstrasi, Tria dalam sesi wawancara menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa KKN yang telah menciptakan produk inovasi yang sesuai dengan Desa Pasir Jaya yang tentunya ini dapat menjadi kesempatan bagi warga untuk menjalankan usaha dan membuatnya juga sangat mudah sehingga warga dapat dengan cepat memahami cara pembuatannya.