humas@unida.ac.id 0251-8240773
Kegiatan Kemahasiswaan

Masuki Hari Kedua PKKMB 2024, UNIDA Bekali Mahasiswa Baru Hadapi Revolusi Industri

Rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Djuanda (UNIDA) Tahun Akademik 2024/2025 pada hari kedua, Selasa (10/9/2024) menghadirkan Communication Advisor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Aidil Pananrang sebagai narasumber dengan dimoderatori oleh Cayla, Wakil Presiden Mahasiswa UNIDA.

Pada kesempatan ini, Aidil Pananrang memaparkan materi bertemakan “Mempersiapkan Perbekalan Menuju Revolusi Industri”. Dalam pemaparannya, ia membahas mengenai tentang peran mahasiswa menghadapi tantangan di era disrupsi, yang banyak sekali tantangan di masa depan dengan teknologi informasi yang semakin berkembang.

“Sehingga jika orang yang gagap dari teknologi itu artinya akan tertinggal,” ujarnya.

Aidil Pananrang kemudian menyampaikan, dengan munculnya teknologi baru banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaan. Sekitar 85 juta pada tahun 2025 lapangan kerja hilang. Akan tetapi 95 juta lapangan kerja baru diprediksi muncul di tahun yang bersamaan.

“Learn, unlearn, and relearn yang maksudnya dengan banyaknya informasi dan teknologi setiap hari kita harus siap untuk belajar, tetapi ketika sudah dikuasai harus siap untuk dilupakan karena bisa jadi itu sudah tidak relevan,” tuturnya.

Ia juga menekankan bahwa pekerjaan dan keahlian akan tergantikan oleh robot, akan banyak persaingan yang bukan hanya didalam kampus saja tetapi diseluruh dunia, yang diperlukan yaitu kembangkan soft skill dan hard skill.

“Intinya adalah yang harus dilakukan untuk kedepannya yaitu terus belajar seumur hidup, cari mentor dan circle positif, perbanyak kontribusi, dan lakukan perubahan dari sekarang,” pungkasnya.