humas@unida.ac.id 0251-8240773
Kegiatan Kemahasiswaan

Melalui PKKMB, UNIDA Dorong Mahasiswa Baru Internalisasikan 21 Nilai Karakter Tauhid

Hari kedua, Selasa (10/9/2024) kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Djuanda (UNIDA) Tahun Akademik 2024/2025, mahasiswa baru kembali diberikan pemahaman mendalam mengenai 21 Nilai Karakter Tauhid yang pada kesempatan ini dijelaskan oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNIDA, Dr. Irman Suherman, M.Pd.

Dalam pemaparannya, Dr. Irman Suherman, M.Pd menekankan pentingnya ketauhidan sebagai fondasi karakter bagi setiap individu Muslim. Ia menjelaskan bahwa jika keyakinan, asumsi, dan nilai-nilai yang dipegang seseorang sudah benar, maka itu merupakan langkah awal dalam menegakkan 21 nilai karakter tauhid. Artinya, fondasi berpikir dan keyakinan yang benar menjadi dasar penting untuk menerapkan 21 nilai karakter tauhid secara efektif dalam kehidupan.

“Jika keyakinan, asumsi, dan nilainya benar maka sebetulnya itu sudah satu tahap bagaimana teman-teman semua mulai menegakkan 21 nilai karakter tauhid,” ujarnya.

Internalisasi nilai-nilai karakter tauhid menjadi hal penting dan tidak hanya membentuk moral individu, tetapi juga menciptakan generasi yang siap memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Dr. Irman Suherman, M.Pd juga mengajak para mahasiswa baru untuk menerapkan nilai-nilai ini selama masa studi di UNIDA, sehingga dapat tumbuh menjadi pribadi yang berintegritas dan berkarakter kuat.

Salah satu peserta PKKMB UNIDA 2024, Anisa, mahasiswi Program Studi Sains Komunikasi, mengatakan bahwa terkait 21 nilai karakter tauhid ini menjadi hal yang baru bagi dirinya.

“Ini sangat penting karena masih banyak pengetahuan yang belum diketahui, seperti 21 nilai karakter tauhid. Jadi, yang sebelumnya belum tahu sekarang lebih jelas dan sudah dipahami,” ungkapnya.