humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Melalui PPK Ormawa, HIMATEPA UNIDA Luncurkan Program Penguatan Ketahanan Pangan di Desa Tangkil Kabupaten Bogor

Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATEPA) Universitas Djuanda (UNIDA) tahun 2024 resmi dibuka pada Selasa, 23 Juli 2024 di Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Acara grand opening program ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk perangkat desa, perwakilan universitas, dan tokoh masyarakat.

Fajar, Ketua Pelaksana, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi desa dari sumber daya alam hingga sumber daya manusia dengan mengangkat tema utama yakni "Strategi Penguatan Ketahanan Pangan Melalui Sektorisasi Budidaya Maggot, Transformasi Bintang Desa, dan Inovasi Produk di Desa Tangkil Kabupaten Bogor". Ia berharap program ini dapat mewujudkan desa yang unggul serta menjadi solusi bagi masyarakat dalam mengoptimalkan potensi desa.

“Mudah-mudahan melalui program ini dapat menciptakan peluang bisnis, terutama di bidang budidaya maggot, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pemuda desa, serta menghasilkan inovasi produk. Tidak hanya itu, tentu program ini juga dapat memberikan pengalaman langsung bagi warga melalui pelatihan-pelatihan yang akan dilaksanakan,” terangnya.

Senada dengan hal tersebut, Assoc. Prof. Aminullah S.TP, M.Si, selaku dosen pendamping lapangan, berharap agar tim dan masyarakat dapat bekerja sama secara suportif dan kooperatif untuk mencapai tujuan bersama menyejahterakan warga desa.

“Dengan dibukanya program ini, diharapkan dapat terjalin kerja sama yang erat antara mahasiswa, akademisi, dan masyarakat desa dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan warga Desa Tangkil,” ungkap Assoc. Prof. Aminullah S.TP, M.Si dalam sambutannya.

Sementara itu, H. Acep Awaludin, Kepala Desa Tangkil, menyatakan antusiasme dan dukungannya terhadap program ini.

"Kami mewakili masyarakat, kelompok tani, GAPOKKAN, dan GAPOKTAN bersedia mendukung penuh segala bentuk kegiatan yang membangun dan positif untuk masyarakat Desa Tangkil," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Kemahasiswaan UNIDA M. Rendi Ramdhani, S.Pd.I., M.Pd.I menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung PPK Ormawa HIMATEPA ini. Ia berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Tangkil dan berpotensi menjadi program berkelanjutan.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman mahasiswa, khususnya HIMATEPA UNIDA yang pada tahun ini telah meloloskan proposal dan mendapatkan hibah dari Kemendikbudristek untuk program PPK Ormawa. Harapannya tentu dari program yang dijalankan oleh teman-teman PPK Ormawa HIMATEPA bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat Desa Tangkil dan juga program yang dijalankan bisa berkelanjutkan menjadi program desa itu sendiri,” tuturnya.

Sebagai informasi, PPK Ormawa merupakan program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini mengharuskan mahasiswa untuk mengembangkan skill, kapasitas dan kapabilitasnya serta memberikan dampak yang positif untuk masyarakat.