humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Melalui Program KKNT Nusantara 2024, Mahasiswa UNIDA Bantu UMKM Kota Agung Peroleh Izin Usaha

Dalam rangkaian kegiatan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Nusantara 2024, Mahasiswa Universitas Djuanda (UNIDA) di Pekon Kota Agung, Lampung, membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperoleh Surat Izin Usaha dan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Irpan Saputra, mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) UNIDA menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (7/9/2024) ini merupakan bagian dari program "Peningkatan Produk Unggulan di Desa" yang diinisiasi oleh kelompoknya. Diharapkan melalui pendampingan tersebut, para pelaku UMKM dapat lebih mudah mengelola dan mengembangkan usaha secara sah.

Kami juga berharap kegiatan ini membantu pelaku UMKM mendapatkan informasi yang jelas dan akses yang mudah terhadap proses perizinan. Sehingga, edukasi yang kami berikan dapat mengurangi kebingungan dan kendala yang sering dihadapi dalam pengurusan dokumen,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Lapangan kegiatan, Renal Diansyah, mengatakan bahwa program ini terdiri dari beberapa tahap, meliputi koordinasi dengan pihak terkait, pengumpulan informasi, penyuluhan, pendampingan, pengumpulan dokumen, pengajuan, hingga pemberian Surat Izin Usaha dan NIB.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, termasuk instansi terkait dan seluruh tim mahasiswa KKN yang telah bekerja keras. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan dan mendorong pertumbuhan serta keberhasilan usaha,” ungkapnya.

Salah satu peserta, Gunarti, mengaku terbantu dengan adanya program ini. Dengan adanya pendampingan dan bimbingan dari mahasiswa, proses pengurusan surat izin usaha dan NIB menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Kami sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh mahasiswa KKNT Nusantara. Proses pengurusan Surat Izin Usaha dan NIB sering kali terasa rumit dan memakan waktu. Kami merasa lebih percaya diri dan legal dalam menjalankan usaha kami,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan KKNT Nusantara 2024 merupakan program yang diinisiasi oleh LLDIKTI Wilayah 4. Program ini melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di luar Jawa Barat dan Banten untuk melaksanakan kegiatan KKN di berbagai pelosok Nusantara.

UNIDA, ikut serta dalam program KKN-T Nusantara 2024 ini dengan diwakili oleh dua mahasiswa, yakni Nafhan Maulana Ashary mahasiswa PGSD Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG), dan Irpan Saputra mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), serta satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yakni Assoc. Prof. Aminullah, S.TP., M.Si, dosen dari Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL).