humas@unida.ac.id 0251-8240773
Kegiatan Kemahasiswaan

Melalui Program Pengenalan Pertanian Sejak Dini, Mahasiswa KKN FAPERTA UNIDA Ajak Siswa PAUD di Desa Cigombong Belajar Alam dan Lingkungan

Mahasiswa Kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakulras Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) menyelenggarakan program Pengenalan Pertanian Sejak Dini (PPSD) untuk anak-anak PAUD di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Desa Cigombong, Kabupaten Bogor. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat (30/8/2024) ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pertanian, peternakan, dan perikanan kepada anak-anak usia dini.

Bagas Ismail Pratama, Ketua Kelompok 3 KKN FAPERTA UNIDA, menekankan pentingnya memberikan pemahaman kepada anak-anak sejak dini mengenai alam dan lingkungan.

"Alam dan anak-anak adalah dunia yang tidak boleh dipisahkan. Alam memberikan banyak pengetahuan bagi perkembangan manusia," ujarnya dalam sambutan.

Kegiatan ini melibatkan serangkaian aktivitas interaktif, termasuk pemberian pakan kepada ikan, domba, dan kelinci, praktik penanaman sayuran pakcoy, pembuatan smoothie pakcoy.

“Melalui rangkaian kegiatan ini, diharapkan anak-anak tidak hanya belajar tentang pertanian tetapi juga merasakan manfaat langsung dari hasil pertanian mereka sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan ini Dede Zaenab, S.Kom, Manager TTP Cigombong, yang hadir sebagai narasumber, menyoroti pentingnya pertanian dalam kehidupan sehari-hari.

"Pertanian adalah kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan. Penting bagi anak-anak hari ini mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti jus pakcoy," jelasnya.