humas@unida.ac.id 0251-8240773
Prestasi

Menuju Perguruan Tinggi Unggul, Tujuh Program Studi UNIDA Raih Akreditasi Unggul dan A

Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan diraihnya akreditasi Unggul dan A untuk tujuh program studi. Pencapaian ini menjadi bukti nyata UNIDA dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang mampu berdaya saing dan berkontribusi bagi negeri. 

Dari total tujuh program studi tersebut, dua di antaranya merupakan program Magister (S2) yaitu Administrasi Publik dan Hukum yang keduanya meraih akreditasi Unggul. Lima program studi lainnya berada pada jenjang Sarjana (S1), di antaranya program studi Manajemen, Hukum, Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Bahasa Arab yang seluruhnya mendapat akreditasi Unggul, serta program studi Peternakan yang berhasil meraih akreditasi A.

Rektor UNIDA, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menyampaikan bahwa raihan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh insan UNIDA dalam memenuhi standar mutu pendidikan tinggi yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan bagi UNIDA. Akreditasi Unggul dan A yang diraih oleh tujuh program studi ini menjadi bukti nyata komitmen kami dalam memberikan pendidikan berkualitas," ujarnya.

Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menekankan, dengan capaian ini UNIDA semakin mantap melangkah menuju target Unggul pada tahun 2025.

“UNIDA terus berkomitmen menjadi universitas unul untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menyatu dalam tauhid dan berstandar internasional, sesuai dengan visi yang dimiliki,” ungkapnya.

Pencapaian akreditasi ini sejalan dengan peningkatan program strategis unggulan untuk mempertahankan dan meningkatkan status akreditasi yang telah diraih. Beberapa program prioritas yang dijalankan antara lain penguatan sistem penjaminan mutu internal, peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen, pengembangan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi, serta perluasan jejaring kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri.

“Fokus utama program akan diarahkan pada penguatan pancadarma yang meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, profesionalitas, dan ketauhidan yang terintegrasi dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs,” terangnya.

Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menambahkan, UNIDA yang dikenal sebagai kampus bertauhid, tidak hanya membekali mahasiswanya dengan keilmuan sesuai bidang yang dipilih, tetapi juga menanamkan 21 Nilai Karakter Tauhid, yang bersumber dari 4 kearifan, yaitu Local Wisdom, National Wisdom, International Wisdom dan Spiritual Wisdom dengan Akhlakul Karimah sebagai tujuan utama untuk menggenggam dunia meraih akhirat.

“Maka, menjadi pilihan dan keputusan yang tepat apabila kami mengajak masyarakat luas untuk bergabung dengan UNIDA, baik dalam pendidikan jenjang S1, S2, dan D4 maupun dalam jalinan kerjasama penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat serta berbagai kegiatan lainnya dalam rangka untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera serta berkeadilan,” pungkasnya.