humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Monitoring Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Mahasiswa, Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA Kunjungi PT. Mitra Berlian Unggas

Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) melakukan monitoring terhadap pelaksanaan KKL mahasiswa di PT. Mitra Berlian Unggas (MBU) Ciater, Subang, Jawa Barat pada Senin, 2 September 2024.

Monitoring tersebut diikuti oleh Ketua Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA, Dewi Wahyuni, S.Pt., M.Si, Sekretaris Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA, Ikhsan Qodri Pramartaa, S.Pt., M.Si, dan perwakilan dosen, Dr. Abdullah Baharun, S.Pt., M.Si serta drh. Annisa Rahmi, M.Si

Ketua Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA, Dewi Wahyuni, S.Pt., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa diharapkan kegiatan KKL ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan diharapkan kedepannya dapat terus mengembangkan program kerja sama yang lebih luas.

“Kami juga mengajak pada karyawan PT. MBU untuk melanjutkan studi di Prodi Peternakan menggunakan jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Bapak dan ibu yang sudah memiliki pengalaman dan sertifikat kompetensi secara formal maupun informal nanti bisa kami rekognisikan dengan mata kuliah yang ada pada kurikulum, sehingga memungkinkan untuk lulus lebih cepat,” ungkapnya.

Selanjutnya Perwakilan dari PT. MBU, Akri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prodi Peternakan yang telah mempercayai PT. MBU sebagai mitra kegiatan KKL mahasiswa karena kedatangan mahasiswa sangat membantu perusahaan dalam pengelolaan, terutama saat praktik di kendang.

“Kami memiliki fasilitas-fasilitas untuk membantu mengembangkan proses pembelajaran mahasiswa seperti beberapa farm di wilayah yang berbeda, ada rumah potong, dan saat ini juga mulai hilirisasi produk peternakan. Dengan fasilitas yang kami punya tentu kami siap untuk menerima dan mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa termasuk mahasiswa Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA yang membutuhkan PT. MBU sebagai mitra,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Totoh Fathatul Arrobi selaku mahasiswa yang melakukan KKL di PT. MBU menyampaikan bahwa selama KKN di PT. MBU banyak mendapatkan pengalaman yang luar biasa seperti dapat melaksanakan praktik mulai dari chick in DOC, pengaturan brooder, pengaturan kendang, recording, penanganan Kesehatan hingga proses pemanenan.