humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Optimalkan Potensi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Tim PKM UNIDA Gelar Pelatihan Identifikasi dan Pembuatan PPI di SDN Rangga Mekar

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Djuanda (UNIDA), bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Hibah Bima, telah melaksanakan pelatihan tentang Identifikasi dan Pembuatan Program Pembelajaran Individual (PPI) di SDN Rangga Mekar, Kota Bogor.

Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan agar guru dapat lebih memahami cara menangani siswa dengan kebutuhan khusus. Kegiatan dimulai dengan Focus Group Discussion (FGD) pada Jumat, 23 Agustus 2024, dilanjutkan dengan pelatihan pada Jumat, 6 September 2024, di lokasi yang sama.

Tim PKM UNIDA Bogor dipimpin oleh Hanrezi Dhania Hasnin, S.Pd, M.Si, dan anggotanya terdiri dari dosen prodi PGSD, yaitu Prof. Dr. Rasmitadila, M.Pd, Annisa Mawardini, M.Pd, serta  mahasiswa yaitu Nabila Kamaliah dan Syahara Putri Kholifah.

Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SDN Rangga Mekar, Acem, S.Pd, beserta 17 guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Ketua Tim PKM, Hanrezi Dhania Hasnin, S.Pd, M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa yang diduga berkebutuhan khusus di SDN Rangga Mekar, agar mereka mendapatkan identifikasi dan program pembelajaran yang sesuai, sehingga potensi mereka dapat dimaksimalkan.

“Kegiatan ini juga akan memberikan manfaat bagi dosen dan mahasiswa sebagai pengayaan keilmuan dan hasilnya akan direkognisi dalam SKS perkuliahan,”

Para Tim mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah melalui Hibah Bima Kemendikbudristek atas kepercayaan yang diberikan untuk mengelola kegiatan ini. Diharapkan, pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi SDN Rangga Mekar dalam menangani permasalahan yang ada.

Pelatihan ini merupakan bagian dari PKM yang berfokus pada pendampingan guru dan tenaga pendidikan untuk mengoptimalkan potensi peserta didik berkebutuhan khusus secara menyeluruh.