humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Penutupan KKN FH UNIDA, Warga Desa Tugu Utara Berikan Apresiasi Peran dan Kontribusi Mahasiswa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 3 Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan kegiatan penutupan KKN yang sebelumnya dilaksanakan Kampung Cibulao, Desa Tugu Utara pada Senin (06/08/2024). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan FH UNIDA, Dr. Nurwati, S.H., M.H, Wakil Dekan Bidang Non Akademik, R. Djuniarsono, S.H., M.H, serta para tokoh masyarakat Kampung Cibulao.

Dekan FH UNIDA, Dr. Nurwati, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau sangat bangga kepada mahasiswa KKN FH UNIDA dikarenakan ini pertama kalinya mahasiswa membuat program yang bisa membantu para masyarakat Kampung Cibulao terkait kebutuhan sarana air bersih.

Alhamdulillah kegiatan KKN Kelompok 3 ini tidak terasa sebentar lagi akan selesai, mudah-mudahan mahasiswa KKN ini bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Saya sangat bangga dan ini baru pertama kalinya ada KKN yang memiliki program terkait sarana pipanisasi air bersih untuk warga setempat, dikarenakan luaran yang seperti ini jarang ditemukan. Semoga kedepannya nanti para mahasiswa KKN bisa melakukan program-program seperti ini,” tuturnya.

“Mudah-mudahan silaturahmi ini tetap terjalin dan selalu ada didalam kenangan para mahasiswa maupun juga para warga Kampung Cibulao,” tambahnya.

Ketua RT Kampung Cibulao, Agus, berterima kasih kepada para mahasiswa KKN yang sudah banyak mengorbankan waktu dan tenaga untuk membantu warga selama ini serta membantu anak-anak untuk belajar hal-hal baru.

“Semoga para mahasiswa bisa mendapatkan nilai-nilai positif selama menjalankan KKN di Kampung Cibulao,” tuturnya.

Perwakilan Perangkat Desa Tugu Utara, Hendri memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Tugu Utara yang sudah menghibahkan tenaga dan waktunya untuk warga Kampung Cibulao terkait fasilitas bak penampungan untuk sarana air bersih.

“Mudah-mudahan kedepannya ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi warga setempat dan beliau juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu merawat dan menjaga sebaik-baiknya,” ujarnya.

Salah satu warga Kampung Cibulao, Ida, menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan para mahasiswa terkait sarana air bersih dan juga keterlibatan para mahasiswa dalam membantu anak-anak untuk belajar. Beliau berpesan untuk tidak melupakan warga Kampung Cibulao karena secara tidak langsung anak-anak disini sudah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan para mahasiswa KKN.

Sementara itu, M. Tubagus Reisyal selaku Ketua Kelompok 3 KKN FH UNIDA dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama kurang lebih satu bulan disini, ia dan teman-temannya telah banyak belajar dan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Keramahan, kehangatan masyarakat desa dan semangat gotong royong yang kuat serta antusiasme warga dalam berpartisipasi pada setiap program yang dilaksanakan membuat para mahasiswa KKN tersebut merasa seperti berada di rumah sendiri.

Tubagus Reisyal berharap melalui berbagai program yang telah dijalankan bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Kampung Cibulao.

“Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama keberadaan para mahasiswa KKN terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati para warga. Semoga apa yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat bagi warga Kampung Cibulao serta tali silaturahmi antara UNIDA dan masyarakat Kampung Cibulao dapat terus terjalin dengan baik,” ungkapnya.