humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Penutupan Muker XVII, UNIDA Perkuat Komitmen Menuju Perguruan Tinggi Unggul

Menuju Perguruan Tinggi Unggul, Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan rapat pimpinan diperluas dengan agenda Pengarahan Majelis Tinggi Universitas (MTU) serta Penandatanganan Kontrak Kerja Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) Tahun 2024 yang menandai penutupan rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja (Muker) XVII. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung C, pada Rabu (25/9/2024).

Turut hadir Chancellor UNIDA sekaligus Ketua MTU Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, Ketua Dewan Pengawas Universitas (DPU) Samsuri, S.E., M.M, Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Ir. Dede Kardaya, M.Si, Rektor UNIDA Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I beserta para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, Kepala Sekolah Vokasi, para Kepala Badan hingga Ketua Program Studi di Lingkungan UNIDA.

Ketua Pelaksana Muker XVII, Prof. Dr. Sri Harini, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Muker XVII telah berlangsung melalui rangkaian tahapan dari mulai sosialisasi, Pra Muker Pleno 1, hingga Pra Muker Pleno 3.

Prof. Dr. Sri Harini, M.Si juga menjelaskan bahwa RKAT yang telah disusun merupakan hasil diskusi intensif dan pertimbangan matang dari berbagai pihak, dengan memperhatikan visi dan misi universitas serta tantangan yang dihadapi dalam upaya mewujudkan UNIDA sebagai perguruan tinggi unggul.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Sri Harini, M.Si menyampaikan bahwa penandatanganan kontrak kerja RKAT 2024 yang akan dilaksanakan pada acara ini merupakan bentuk komitmen bersama seluruh jajaran pimpinan untuk merealisasikan rencana yang telah disusun.

“Terima kasih Bapak/Ibu pimpinan atas dukungan dan bimbingannya. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama menuju UNIDA Unggul bisa tercapai dengan ridho Allah SWT,” ujar Prof. Dr. Sri Harini, M.Si.

Rektor UNIDA, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I menuturkan bahwa penyelenggaraan rapat pimpinan diperluas ini merupakan langkah strategis dalam mewujudkan visi UNIDA sebagai perguruan tinggi unggul. Ia menekankan pentingnya sinergi dan komitmen seluruh elemen universitas dalam mengimplementasikan RKAT 2024.

"RKAT 2024 yang telah kita susun bersama ini merupakan peta jalan kita menuju UNIDA yang lebih unggul. Penandatanganan kontrak kerja hari ini bukan sekadar formalitas, melainkan wujud nyata komitmen kita untuk bergerak bersama mencapai target-target yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I menegaskan, perencanaan program kerja satu tahun ke depan harus mengedepankan efisiensi dan efektivitas. Khususnya, terkait dengan persiapan UNIDA menuju perguruan tinggi yang Unggul. Oleh karena itu, program kerja satu tahun ke depan berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT).

“Pencapaian target Renstra tahun 2024-2025 yaitu 50% prodi Unggul dan AIPT Unggul dilakukan dengan upaya pemenuhan 9 kriteria akreditasi yang diterjemahkan ke dalam IKU dan IKT pada renstra 2022-2026,” terangnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua MTU Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H dalam pengarahannya menyampaikan, guna mencapai target Unggul semua elemen harus bekerja bersama-sama dan berkolaborasi.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H juga kembali mengingatkan bahwa bahwa arah program kerja yang berasaskan Pancadarma perlu diintegrasikan dengan tujuan rekognisi internasional melalui pengimplementasian Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini diperlukan sejalan dengan visi UNIDA, yakni Menjadi Universitas Unggul untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa yang Menyatu dalam Tauhid dan Berstandar Internasional.

Setelah pengarahan Ketua MTU, acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak kerja RKAT 2024 oleh seluruh pimpinan unit kerja di lingkungan UNIDA yang menandai dimulainya tahap implementasi RKAT 2024.