humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Pro Chancellor UNIDA Pimpin PKM di Kampung Cibulao, Dorong Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Melalui Pengadaan Air Bersih

Pro Chancellor Universitas Djuanda (UNIDA), Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn laksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan membuat program berupa pengadaan air bersih di Kampung Cibulao, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Senin, 5 Agustus 2024. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih dan mendukung kesehatan lingkungan di wilayah Kampung Cibulao.

Program pengadaan air bersih ini meliputi pembangunan infrastruktur seperti bak penampungan air hingga instalasi pipa sebanyak 200 pipa atau sepanjang 800 Meter. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan tim dari UNIDA yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Selain pengadaan infrastruktur, tim PKM Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn juga memberikan pelatihan kepada warga tentang pemeliharaan fasilitas air bersih dan praktik hidup bersih dan sehat.

Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn dalam sambutannya menekankan pentingnya akses air bersih bagi masyarakat dikarenakan sarana air bersih adalah kebutuhan dasar yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, melalui program ini Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn berharap dapat meningkatkan kualitas hidup warga Kampung Cibulao terkait sarana air bersih.

Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn menambahkan bahwasanya program ini merupakan bagian dari komitmen UNIDA dalam pengabdian kepada masyarakat dan berharap program ini tidak hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga dapat mendorong pemberdayaan masyarakat dalam jangka panjang. UNIDA juga berencana untuk melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan keberlanjutan program ini.

Perwakilan Kepala Desa Tugu Utara, Hendri menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan terkait sarana air bersih yang diberikan oleh UNIDA kepada Kampung Cibulao. Ia menyampaikan bahwa program ini pastinya akan sangat membantu masyarakat Kampung Cibulao yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih.