humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Pro Chancellor UNIDA Resmikan Langsung Bantuan Pipanisasi Air Bersih di Kampung Cibulao Desa Tugu Utara

Pro Chancellor Universitas Djuanda (UNIDA) Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn memberikan bantuan terkait program Pipanisasi Air Bersih sebanyak 200 pipa atau sepanjang 800 meter di Kampung Cibulao, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Peresmian program pipanisasi air bersih ini dihadiri langsung oleh Pro Chancellor UNIDA Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn beserta Ketua Umum Yayasan Pusat Studi Pengembangan Islam Amaliah Indonesia (YPSPIAI) Dr. Nova Monaya, S.H., M.Kn, pada Senin, 5 Agustus 2024. Turut hadir juga Dekan FH UNIDA, Dr. Nurwati, S.H., M.H, Wakil Dekan Bidang Non Akademik, R. Djuniarsono, S.H., M.H, Mahasiswa KKN serta para Tokoh Masyarakat Kampung Cibulao.

Pro Chancellor UNIDA, Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn menyampaikan bahwasanya program pipanisasi ini bertujuan untuk menyalurkan air bersih yang selama ini menjadi permasalahan warga Kampung Cibulao, padahal mata air bersih dari gunung sangat melimpah ruah.

“Ini adalah doa-doa yang terkabul dari para warga Kampung Cibulao sehingga program pipanisasi air bersih ini bisa terealisasikan,” ujarnya.

Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn juga berharap program pipanisasi air bersih ini dapat berjalan lebih besar dan terus berkelanjutan, sehingga membawa kebermanfaatan, khususnya bagi warga Kampung Cibulao.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FH UNIDA Dr. Nurwati, S.H., M.H menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada kelompok 3 KKN FH yang sudah bahu membahu bekerja sama demi membangun kesejahteraan warga desa.

“Permasalahan yang paling sangat dibutuhkan perhatian adalah pengadaan air bersih. Oleh karena itu, berkat perjuangan para mahasiswa KKN, permasalahan tersebut tersampaikan kepada Pro Chancellor UNIDA yang kemudian mendapatkan respon yang positif dan ini menjadi sebuah kebanggan serta nilai plus bagi para mahasiswa,” tuturnya.  

Sementara itu, Ketua RT Kampung Cibulao, Agus, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pro Chancellor UNIDA yang sudah memberikan bantuan serta menyempatkan waktunya untuk hadir dalam peresmian program pipanisasi air bersih di Kampung Cibulao.

“Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada Pro Chancellor UNIDA, para Dosen serta Mahasiswa yang sudah memberikan bantuan pipanisasi air bersih untuk Kampung Cibulao. Beberapa waktu yang lalu kami juga sempat mengajukkan program tersebut ke beberapa perusahaan, tetapi tidak ada kejelasan. Berkat para mahasiswa KKN, pertemuan dengan Pro Chancellor UNIDA yang sekaligus menjadi donatur bagi warga Kampung Cibulao, alhamdulillah pada hari ini program pipanisasi air bersih ini dapat terealisasikan,” ujarnya.

Turut hadir perwakilan dari PT. SSBP Ciliwung menyatakan bahwa program ini telah dikoordinasikan dengan warga setempat dan sangat dibutuhkan mengingat selama ini masyarakat hanya mengandalkan air dari pembuangan Talaga Saat.

Program pipanisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup warga Kampung Cibulao dengan menyediakan akses air bersih yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Terima kasih kepada Pro Chancellor UNIDA, Dosen dan mahasiswa KKN dikarenakan sudah banyak berusaha untuk membantu warga Kampung Cibulao yang dapat dikatakan bahwa memang dari dulu para warga tersebut sangat membutuhkan sarana air bersih yang memiliki kualitas baik, yang selama ini masyarakat menggunakan air dari pembuangan talaga saat,” ungkapnya.