humas@unida.ac.id 0251-8240773
Kegiatan Kemahasiswaan

Rangkaian PKKMB UNIDA Tahun 2024 Resmi Dimulai, Rektor: Selamat Datang Mahasiswa Baru di Kampus Bertauhid

Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar Upacara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024/2025 pada Senin, 9 September 2024 di Lapangan Bina Tauhid Kampus UNIDA. Acara yang mengusung tema “Internalisasi 21 Nilai Karakter Kampus Bertauhid menuju Universitas Unggul” ini diikuti oleh para mahasiswa baru dari berbagai program studi dan fakultas.

Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Djuanda (UNIDA), Ruben Bentiyan, dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para mahasiswa baru agar tidak hanya fokus pada studi akademik, tetapi juga mampu memberikan solusi atas berbagai permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat.

"Menjadi kaum terdidik artinya kita harus mampu menerjemahkan kegundahan masyarakat dan menjawab persoalan yang meresahkan rakyat. Mari kita renungkan, apa yang sebenarnya kita cari di Universitas Djuanda?" ungkapnya.

Setelah sambutan dari Presma, acara dilanjutkan dengan pidato dari Rektor UNIDA, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I, yang secara resmi membuka kegiatan PKKMB 2024 dengan pemukulan gong sebanyak lima kali. Pemukulan gong tersebut menjadi simbol dimulainya rangkaian kegiatan PKKMB 2024.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, kegiatan PKKMB 2024 resmi dimulai,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I menekankan pentingnya bagi mahasiswa baru untuk mengenal kehidupan kampus dan menanamkan nilai-nilai karakter bertauhid sebagai ciri khas mahasiswa UNIDA.

“Kita sudah bosan dengan orang pintar tapi tidak berakhlak. UNIDA mau lulusan memiliki akhlak yang baik. Itu yang harus dijaga. maka sopan santun adalah hal yang wajib, hal sederhana tapi sulit dilakukan,” ujarnya.

“Mulai dari sekarang jangan pernah mau mengaku mahasiswa UNIDA ketika tidak mampu menunjukkan akhlak baik. Jadi agen perubahan dimulai dari perubahan diri sendiri, jangan bermimpi merubah negeri kalau belum mampu membenahi diri,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana kegiatan PKKMB 2024 M. Rendi Ramdhani, M.Pd menuturkan, PKKMB tahun ini diikuti oleh calon mahasiswa baru baik kelas reguler maupun kelas eksekutif. Adapun dalam pelaksanaannya, peserta PKKMB akan diberikan materi berkaitan dengan pemahaman kehidupan kampus serta materi lainnya berkenaan nilai-nilai berbangsa dan bernegara, pembinaan karakter, hingga muatan lokal.