humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Rangkaian Program KKN-T Nusantara 2024: Mahasiswa UNIDA Ikut Aktif Meriahkan HUT RI di Pekon Kota Agung Lampung, Jaga Semangat Kebersamaan dan Nasionalisme

Mahasiswa Universitas Djuanda (UNIDA) yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Nusantara 2024 di Pekon Kota Agung, Lampung, turut memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia. Nafhan Maulana Ashary dan Irpan Syaputra, dua mahasiswa UNIDA ikut serta berperan aktif dalam berbagai kegiatan perayaan HUT ke-79 RI sebagai bagian dari pengabdian masyarakat.

Pekon Kota Agung merupakan salah satu pekon yang aktif dalam memperingati HUT RI. Acara ini mencakup upacara bendera, perlombaan, dan berbagai hiburan yang diikuti oleh warga dari lima dusun di Pekon Kota Agung.

Ketua Pelaksana acara, Dani, menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi semua pihak yang terlibat, terutama mahasiswa KKN-T Nusantara dari UNIDA dan berbagai universitas lainnya serta seluruh warga Pekon Kota Agung.

"Keberhasilan acara ini merupakan hasil dari kerjasama yang solid dan antusiasme kita bersama. Semoga perayaan HUT RI ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga mempererat tali persaudaraan dan semangat nasionalisme. Mari kita terus menjaga semangat nasionalisme dan solidaritas yang telah terjalin, serta terus berkontribusi untuk kemajuan masyarakat kita," ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh salah satu mahasiswa UNIDA, Nafhan Maulana Ashary yang mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar merayakan kemerdekaan dengan penuh semangat, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mempererat kebersamaan.

“Semangat kebersamaan dan rasa nasionalisme yang kita tunjukkan dalam perayaan ini dapat mempererat hubungan dengan seluruh lapisan masyarakat, serta memperkuat rasa cinta tanah air. Kehadiran kita di sini tentu adalah bentuk nyata dari semangat pengabdian dan kolaborasi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini kami harap dapat membawa kebahagiaan dan memperkuat rasa kebersamaan di antara kita,” ungkap mahasiswa Program Studi PGSD Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) UNIDA tersebut.

Sebagai informasi, kegiatan KKN-T Nusantara 2024 merupakan program yang diinisiasi oleh LLDIKTI Wilayah 4. Program ini melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di luar Jawa Barat dan Banten untuk melaksanakan kegiatan KKN di berbagai pelosok Nusantara.

UNIDA, ikut serta dalam program KKN-T Nusantara 2024 ini dengan diwakili oleh dua mahasiswa, yakni Nafhan Maulana Ashary mahasiswa PGSD Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG), dan Irpan Saputra mahasiswa Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), serta satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yakni Assoc. Prof. Aminullah, S.TP., M.Si, dosen dari Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL).