humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Resmi Launching Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, UNIDA Gelar Seminar Nasional Reorientasi Pendidikan Islam di Era Society 5.0

Universitas Djuanda (UNIDA) menyelenggarakan Seminar Nasional bertema "Reorientasi Pendidikan Islam dengan Nilai-nilai Tauhid dalam Menghadapi Era Society 5.0" di Aula Gedung C UNIDA pada Rabu (31/7/2024). Seminar ini digelar bersamaan dengan peluncuran Program Studi baru di Sekolah Pascasarjana UNIDA, yakni Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam.

Seminar Nasional ini diisi oleh tiga pembicara utama, antara lain Muhammad Aziz Hakim, M.H (KASUBDIT Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam), Assoc. Prof. Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E (Dekan Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru UNIDA), dan Assoc. Prof. Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd (Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Barat 2019-2024).

Dalam kesempatan ini, Muhammad Aziz Hakim, M.H memaparkan mengenai pentingnya reorientasi pendidikan bagi Generasi Z. Ia menekankan perlunya memahami karakteristik Gen Z dalam merancang pendidikan yang efektif.

"Pendidikan bagi Gen Z yang baik yaitu memperkaya materi pendidikan karakter, mengemas materi secara menarik, menyampaikan materi bersifat edutainment, lebih banyak visual, memanfaatkan influencer dan media sosial, serta menjadi teladan," ujarnya.

Sementara itu, Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd., M.C.E membahas tentang lembaga pendidikan Islam berbasis nilai-nilai tauhid di era Society 5.0. Ia menegaskan pentingnya mengintegrasikan teknologi digital dengan tetap menjaga nilai-nilai Islam.

"Lembaga pendidikan Islam harus beradaptasi dengan teknologi canggih sambil tetap mempertahankan dan mempromosikan nilai-nilai tauhid dan prinsip-prinsip Islam. . Dengan pendekatan holistik yang memadukan teknologi dan nilai-nilai Islami, lembaga pendidikan Islam dapat mempersiapkan generasi yang kompeten dalam keterampilan abad ke-21, berakhlak mulia, dan memiliki pemahaman keagamaan yang mendalam," jelasnya.

Narasumber lainnya, Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd menyoroti peran alumni Manajemen Pendidikan Islam dalam menghadapi era Society 5.0. Ia menyebutkan beberapa peran penting alumni, termasuk sebagai pembawa nilai-nilai Islam, role model kepemimpinan dan manajer Islami, serta penghubung antara dunia kerja dan perguruan tinggi.

Seminar ini juga menandai peluncuran Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam di UNIDA untuk tahun ajaran 2024/2025. Rektor UNIDA, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I, menyampaikan harapannya agar program studi baru ini dapat mencetak manajer-manajer pendidikan Islam yang unggul. Pembukaan program studi baru ini menunjukkan komitmen UNIDA dalam memajukan pendidikan Islam dan mempersiapkan generasi yang kompeten menghadapi tantangan era Society 5.0 dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Islam.