humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Sambut Era Society 5.0, UNIDA Resmi Launching Program Magister Manajemen Pendidikan Islam

Universitas Djuanda (UNIDA) resmi meluncurkan program studi baru Sekolah Pascasarjana, yakni Magister Manajemen Pendidikan Islam, pada Rabu (31/7/2024). Bertempat di Aula Gedung C kampus UNIDA, peluncuran ini dibarengi dengan penyelenggaraan Seminar Nasional bertema "Reorientasi Pendidikan Islam dengan Nilai-nilai Tauhid dalam Menghadapi Era Society 5.0".

Rektor UNIDA, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I, menyatakan bahwa pembukaan program studi ini merupakan hasil perencanaan panjang. Terlebih, program studi Manajemen Pendidikan Islam di tingkat Strata-1 pada Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) menjadi salah satu program studi awal yang ada di UNIDA dan sudah terakreditasi Unggul.

"Alhamdulillah dengan semangat dan ridho Allah, UNIDA berhasil meraih izin membuka program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam. Diharapkan dengan pembukaan prodi baru ini menjadikan UNIDA konsisten untuk terus ikut serta dalam memajukan pendidikan islam dan kedepannya semoga dapat mencetak para manajer-manajer pendidikan islam yang unggul," ujarnya.

Sementara itu, Dekan Sekolah Pascasarjana UNIDA, Dr. Ir. Ristika Handarini, M.P, menambahkan bahwa langkah ini merupakan bagian dari pengembangan institusi dalam rangka meningkatkan mutu menuju perguruan tinggi unggul.

“UNIDA terutama Sekolah Pascasarjana tentunya akan terus membuka program studi baru untuk pengembangan institusi, selain Magister Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Pascasarjana juga berencana akan membuka Doktoral dalam waktu dekat untuk program studi Hukum,” tuturnya.

Adapun seminar nasional yang diselenggarakan, menghadirkan tiga pembicara utama, yakni Muhammad Aziz Hakim, M.H dari Kementerian Agama RI yang membahas mengenai pentingnya memahami karakteristik Generasi Z dalam pendidikan tinggi. Kemudian, Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E dari UNIDA membahas integrasi teknologi dan nilai-nilai Islam di era society 5.0. Lalu Dr. Rusi Rusmiati Aliyyah, M.Pd, alumni program studi Manajemen Pendidikan Islam UNIDA yang saat ini diamanahkan sebagai Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Barat, memaparkan peran penting alumni dalam pengembangan Manajemen Pendidikan Islam dalam menghadapi era society 5.0.