humas@unida.ac.id 0251-8240773
Kegiatan Kemahasiswaan

Sambut Mahasiswa Baru, Rektor Sampaikan Pesan Inspiratif dalam PKKMB UNIDA 2024

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Djuanda (UNIDA) tahun akademik 2024/2025 resmi dimulai pada hari Senin (9/9/2024). Hari pertama kegiatan ini diisi dengan perkenalan para pimpinan universitas, salah satunya oleh Rektor UNIDA, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I memberikan pesan yang mendalam kepada mahasiswa baru angkatan 2024-2025, yang mana sebagian besar para mahasiswa baru adalah dari Generasi Z, generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, yang tumbuh dengan akses internet dan teknologi digital sejak dini.

“Memang tidak mudah menjadi Gen Z. Teknologi seakan memudahkan segalanya, kalian bisa mengetahui apa pun yang terjadi di belahan dunia mana saja hanya dengan benda kecil bernama laptop,” ungkapnya.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa di balik kemudahan tersebut, terdapat banyak godaan dan tantangan, termasuk akses yang tak terbatas terhadap informasi yang negatif. Oleh karena itu, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I mengajak mahasiswa baru untuk bijak dalam menggunakan teknologi.

“Yang pertama, latihlah diri untuk membuat pilihan yang independen, bertanggung jawab, dan berani. Pilihan yang mendekati kebenaran, prestasi, keadilan, dan kedamaian,” pesannya.

Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I juga menekankan pentingnya kemampuan beradaptasi dalam kehidupan kampus yang penuh keberagaman.

“Latih diri kalian untuk pandai beradaptasi, siapapun teman-teman kalian, dari manapun asal mereka, perbedaan apapun yang ada, yang terbaik adalah menyesuaikan diri dengan ikhlas,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I juga mengingatkan bahwa menjadi mahasiswa adalah suatu hak istimewa yang tidak dimiliki semua orang. Sehingga sudah seharusnya mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih pengetahuan dan menyiapkan diri menjadi generasi yang adaptif, cerdas, dan berprestasi.

“Seragam abu putih sudah kalian tinggalkan. Mulailah dengan pribadi baru yang tanpa seragam. Kebebasan sebagai mahasiswa harus membawa kalian untuk menjadi lebih baik, lebih sopan, lebih bijak, dan lebih cerdas,” katanya.

Terakhir, Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I mengingatkan pentingnya nilai-nilai spiritual dalam kehidupan kampus.

“Iklim bertauhid yang selalu menghadirkan ridho Allah harus menjadi dasar dalam setiap gerakan kalian di kampus ini,” tutupnya.