humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Sosialisasikan Penggunaan Gadget Kepada Siswa SD, Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Terapkan Model Pembelajaran Game Based Learning

Mahasiswa Kelompok 18 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) di Desa Mangkalaya, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, sosialisasikan penggunaan gadget dan bahaya game online kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibolang pada Jumat (09/08/2024). Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa kelas 4, 5, dan 6 tentang bahaya kecanduan game online serta cara optimal penggunaan gadget untuk mendukung proses belajar.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa KKN juga memperkenalkan model pembelajaran berbasis game (Game-Based Learning) sebagai alternatif yang menyenangkan dan mendidik. Salah satu permainan edukatif yang dimainkan adalah "Cari Satuanmu" yang membantu siswa memahami konsep satuan angka dengan lebih baik dan siswa harus mencocokkan angka yang mereka miliki dengan satuan yang sesuai.

Kepala Sekolah SDN Cibolang, Ibu Elis Hendraliati, S.Pd berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswa SDN Cibolang dapat lebih bijak dalam menggunakan gadget, memahami bahaya yang bisa timbul dari penggunaan yang tidak terkendali, dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar mereka serta dengan penerapan model pembelajaran seperti ini, siswa-siswa semakin antusias dalam belajar dan mampu memanfaatkan gadget untuk hal-hal yang positif.

Sementara itu Ketua Kelompok 18, Aris Hidayatullah Ruswandi menyampaikan bahwasanya melalui sosialisasi dan permainan edukatif ini diharapkan agar para siswa dapat memahami pentingnya penggunaan gadget yang sehat dan belajar dengan cara yang menyenangkan serta kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengimplementasikan metode pembelajaran yang kreatif dan edukatif.