humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Tanamkan Kecintaan Terhadap Buku Sejak Dini, Mahasiswa KKN FISIP UNIDA Gelar Program Membaca dan Bercerita

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) gelar program Membaca dan Bercerita denga tema “Gemar Membaca Untuk Generasi Emas (GEMAS)” di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cisarua 02 pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para siswa-siswi, guru, mahasiswa KKN, serta dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak serta mengembangkan kemampuan membaca dan bercerita khususnya para siswa/siswi SDN Cisarua 02.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Koesworo Setiawan, S.Sos., M.IK dalam sambutannya menyatakan bahwa ini merupakan kegiatan penting karena memberikan kesempatan langsung kepada para siswa/siswi untuk belajar membaca dan juga bercerita serta mendatangkan langsung perpustakaan keliling untuk dibaca oleh siswa/siswi.

"Kemampuan membaca di era saat ini sangat urgent karena saat ini teknologi terutama gadget sudah sangat mendominasi dan infulsif, dengan begitu orang-orang menjadi mengkonsumsi informasi yang cenderung ringan, verifikasi dan substansinya lemah sehingga cenderung tidak membangun wawasan serta karakter. Oleh karenanya, kegiatan ini sangat penting untuk siswa/siswi dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca serta bercerita dari buku,” ungkapnya.

Lalu Koordinator Program, Eneng Fatimah, menjelaskan bahwa kegiatan ini dibuat dan digelar untuk membuat siswa lebih gemar membaca dan lebih mencintai buku. Program ini juga untuk menanamkan kecintaan terhadap membaca sejak dini dengan metode yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan ketertarikan anak-anak untuk membaca.

Sementara itu, Kepala SDN Cisarua 02, Sri Suryaningsih, S.Pd.SD mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah melaksanakan KKN di SDN Cisarua 02. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berdampak khususnya bagi siswa/siswi di SDN Cisarua O2 dan tentu pihak SDN Cisarua 02 sangat menyambut baik program ini.

Siswa SDN Cisarua 02 sekaligus peserta dari program GEMAS, Zakky  menyatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan dikarenakan metodenya sangat seru sehingga dapat meningkatkan semangat untuk belajar membaca dan bercerita.

"Terima kasih kakak-kakak, kegiatan ini sangat seru dan aku bersama teman-teman lainnya bisa lebih belajar membaca dan bercerita di depan orang banyak dengan cara yang menyenangkan,” ungkapnya.