humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Tingkatkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar, Mahasiswa KKN-T FISIP UNIDA Gelar Program SABER

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Kelompok 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan program SABER (Safari Belajar) bersama siswa kelas 1 SDN Batulayang pada Senin-Selasa, 29 s.d. 30 Juli 2024. Program ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 152 anak-anak usia 7 tahun.

Program SABER (Safari Belajar) bertujuan agar siswa dapat belajar huruf dengan menggunakan media pembelajaran visual yang menarik dan interaktif. Dengan program SABER, mahasiswa juga menerapkan penggunaan media belajar berbasis komunikasi dalam rangka meningkatkan minat belajar seperti permainan edukatif, melengkapi kata, serta bernyanyi.

ketua KKN-T Kelompok 1 FISIP UNIDA, Riza Setiawan dalam sesi wawancara menyampaikan bahwa tingkat SD merupakan masa transisi dari PAUD atau TK. Program SABER juga menyesuaikan dengan kurikulum merdeka mengenai calistung.

“Kami berfokus pada kegiatan membaca dan menulis saja dengan menggunakan media interaktif seperti menyusun huruf, kata menebak hewan dan menulis nama. Metode ini dirasa tepat karena rata-rata anak-anak akan lebih memahami jika dilengkapi dengan visual serta diharapkan juga dengan program ini dapat meningkatkan semangat belajar para siswa khususnya di SDN Batulayang," jelasnya.

Kepala Sekolah SDN Batulayang, Abdul Latif menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN yang telah mengadakan program di SDN Batulayang. Pada dasarnya yang menjadi tantangan mengajar adalah kesulitan pada media pembelajaran yang cocok untuk anak sekolah dasar khususnya siswa kelas satu.

“Diharapkan dengan model pembelajaran yang telah disampaikan mahasiswa bisa mendorong para guru disini untuk terus berinovasi dalam teknik dan media pembelajaran serta dapat terus memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan semangat dalam belajar," tuturnya.

Salah satu siswa kelas 1 SDN Batulayang, Edo mengungkapkan ucapan terima kasih dan rasa senangnya bisa belajar sambil bermain di sekolah.

"Aku senang bisa belajar melengkapi kata dan mencari objek hewan, bagian itu aku suka, makasih banyak ya kakak-kakak dari FISIP UNIDA, belajarnya seru sekali,” ungkapnya.