humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

UNIDA Bekali Mahasiswa Peserta KKN 21 Nilai Karakter Tauhid, Siap Bantu Masyarakat Melalui Program Berkelanjutan

Universitas Djuanda (UNIDA) adakan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring via platform Zoom Cloud Meetings pada Sabtu, 13 Juli 2024. Kegiatan tersebut dalam rangka persiapan pelaksanaan KKN para mahasiswa UNIDA yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

Pembekalan tersebut diisi oleh Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor dan Bappedalitbang Kabupaten Sukabumi serta Dosen Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) UNIDA, Dr. Irman Suherman, S.Pd., M.Pd.

Rektor UNIDA, Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I dalam sambutannya memaparkan bahwa dalam kegiatan KKN, mahasiswa menjadi bagian dari solusi untuk permasalahan di masyarakat. Sehingga mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat perlu memiliki pemahaman yang baik sebagai bagian dari problem solver. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa dapat selalu mengimplementasikan 21 Nilai Karakter Tauhid sebagai ciri khas mahasiswa Kampus Bertauhid untuk bekal terjun di tengah masyarakat.

“Mahasiswa hendaknya dapat menyesuaikan dengan budaya setempat dan selalu menjaga toleransi serta senantiasa berpikir solutif. Diharapkan mahasiswa sudah mulai memikirkan apa yang menjadi fokus kegiatan yang akan dilakukan di KKN sehingga KKN ini menjadi solusi dari masalah di masyarakat sesuai dengan problem yang terjadi di tempat KKN masing-masing. Semoga ada legacy dari mahasiswa di tempat KKN yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil Rektor III UNIDA, Prof. Dr. Rasmitadila, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KKN sebagai implementasi dari keilmuan, teori, pengalaman yang sudah didapatkan mahasiswa dalam perkuliahan. Pada KKN inilah mahasiswa diharapkan dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan mahasiswa lain.

“Diharapkan mahasiswa dapat menjaga nama baik UNIDA dan menjaga nama baik diri sendiri. Mahasiswa selalu diharapkan menjadi agent of change dengan segala pemikiran dan inovasinya di masyarakat. Semoga kegiatan KKN ini berkelanjutan yang nantinya lokus KKN menjadi desa binaan dari UNIDA,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan dari Bappedalitbang Kabupaten Sukabumi dan Bappedalitbang Kabupaten Bogor memaparkan profil daerah, potensi serta masalah yang terjadi di masyarakat, baik di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi sehingga mahasiswa dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan masyarakat melalui program-program KKN mahasiswa nantinya.

Sementara itu, Dosen FAIPG UNIDA, Dr. Irman Suherman, S.Pd., M.Pd selaku narasumber dalam paparannya menyampaikan tentang pentingnya mahasiswa untuk terus mengimplementasikan 21 Nilai Karakter Tauhid di masyarakat sebagai bentuk cerminan dari UNIDA.

“Sebagai Kampus Bertauhid, dalam pengimplementasiannya tentu dilihat dari mahasiswa yang juga harus memiliki karakter menggambarkan ketauhidan. KKN ini harus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, partisipasi untuk sama-sama membangun Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara mahasiswa dan narasumber.