humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Upaya Turunkan Stunting, Mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA Kenalkan Produk Inovasi Olahan Nugget Ikan Nila Daun Songkong

Mahasiswa Kelompok 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan Penyuluhan Pencegahan Stunting dan Implementasi Inovasi Olahan Nugget Ikan Nila Daun Singkong di PAUD KB Nurul Insani Desa Cisalada pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para orang tua di Dsa Cisalada mengenai penyebab stunting pada anak, membantu mengenali tanda-tanda dan cara pencegahan stunting sejak dini.

Stunting sendiri merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak khususnya pada pertumbuhan tubuh dan otak yang diakibatkan karena kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Kekurangan gizi dalam waktu lama itu terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak 1000 Hari pertama pasca kelahiran.

Salah satu upaya untuk mencegah stunting yaitu melalui penyuluhan kesehatan. Selain itu, kegiatan ini juga memperkenalkan Nugget Ikan Nila Daun Singkong sebagai upaya memanfaatkan sumber daya lokal di Desa Cisalada untuk pencegahan stunting, disosialisasikan mulai dari proses pembuatan hingga produk akhirnya serta pembagian inovasi PMT berupa nugget ikan nila dengan tambahan daun singkong, sebagai diversifikasi pangan yang sehat dan bergizi.

Kepala Sekolah Paud Nurul Insani, Teti Ratnawati, S.Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa diharapkan dengan kegiatan penyuluhan ini dapat mengedukasi para orang tua murid tentang pentingnya memahami stunting dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), serta mendorong pemanfaatan inovasi PMT Nugget Ikan Nila Daun Singkong dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan yang sama, Sandra Nurul Aulia selaku pemateri dalam pemaparannya menjelaskan langkah-langkah pencegahan stunting untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak dan pentingnya pemenuhan gizi yang cukup guna mencegah stunting.

Anak perlu mengonsumsi makanan bergizi, suplemen zat besi, dan perlu terus memantau perkembangan kesehatannya. Pemanfataan PMT sangat penting karena berperan dalam memenuhi kebutuhan gizi anak-anak, terutama balita, yang berada dalam masa pertumbuhan kritis,” ungkapnya.

Dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang melalui PMT Nugget Ikan Nila Daun Singkong, diharapkan anak-anak dapat tumbuh dengan optimal, memiliki daya tahan tubuh yang baik, dan mencapai potensi penuh dalam perkembangan kognitif serta fisik mereka,” tambahnya.