humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Wujudkan Keseimbangan Ekosistem Pertanian dan Peternakan di Desa Tangkil Bogor, Kelompok 4 KKN FAPERTA UNIDA Adakan Penyuluhan Pertanian

Mahasiswa Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) adakan Penyuluhan Pertanian dengan tema “Good Agriculture Practice Terpadu : Mewujudkan Keseimbangan Ekosistem dalam Pertanian dan Peternakan” di Desa Tangkil, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Penyuluhan Pertanian tersebut diisi oleh Dosen FAPERTA UNIDA, Dr.Ir. Arifah Rahayu, M.Si, Ir. Jatmiko, M. Si dan Arti Yoesdiarti, S.P., M.M dan dihadiri oleh masyarakat Desa Tangkil.

Syaima Lailatul, S.P, M.Si selaku Dosen Pembimbing Kelompok 4 KKN FAPERTA UNIDA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Tangkil yang sudah bersedia mengikuti penyuluhan ini, semoga penyuluhan ini dapat berdampak positif bagi pengembangan dan peningkatan sektor pertanian di Desa Tangkil.

Selanjutnya, Ketua Penyuluh Desa Tangkil, Deudeu Santi Hotimah, SP dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada FAPERTA UNIDA dan mahasiswa Kelompok 4 KKN yang telah mengadakan Penyuluhan Pertanian yang tentunya sangat bermanfaat bagi peningkatan pertanian Desa Tangkil.

Di Desa Tangkil sendiri sudah memiliki Kelompok Tani yang tentunya selalu membutuhkan program untuk pengembangan kelompok termasuk dengan kegiatan Penyuluhan Pertanian ini,” tuturnya.

Dosen FAPERTA yang mengisi kegiatan selaku narasumber, Dr.Ir. Arifah Rahayu, M.Si menyampaikan materi mengenai permasalahan pertanian yang ada di Desa Tangkil dan Ir. Jatmiko, M. Si memaparkan materi mengenai peternakan baik dari segi pakan, kesehatan hingga perkawinan atau breeding serta Arti Yoesdiarti, S.P., M.M memaparkan tentang pemasaran bidang pertanian dan peternakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dan juga para narasumber.