humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Chancellor UNIDA Kenalkan 21 Nilai Karakter Tauhid, Tekankan Calon Mahasiswa Santri PKD Tanamkan Awareness sebagai Kunci Sukses

Dalam rangkaian kegiatan I’tikaf hari ke-2 Calon Santri Mahasiswa Pendidikan Kader Dakwah (PKD) tahun 2024, Pembina Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda yang juga Chancellor Universitas Djuanda (UNIDA), Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menyampaikan materi pada Rabu, 28 Agustus 2024 di Ruang Kelas FH UNIDA.

Turut hadir dalam kegiatan ini Rektor UNIDA Assoc. Prof. Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, M.Pd.I, Wakil Rektor IV UNIDA Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si, Pengasuh PP Mabit UNIDA H. Muhammad Syafi’i Lubis, S.H, para alumni PKD PP Mabit UNIDA, dan panitia serta peserta I’tikaf.

Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menuturkan bahwa seorang mahasiswa perlu memiliki modal utama yaitu awareness yang termasuk nilai dari pilar global wisdom dalam 21 Nilai Karakter Tauhid (NKT). Mahasiswa dituntut memiliki kesadaran diri, karena pertahanan terkuat menghadapi godaan dan tantangan adalah kesadaran, yang dijabarkan menjadi keikhlasan yang membuat kita bisa menang dari apapun.

Lebih lanjut, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H menjelaskan bahwa Allah meminta kita menjadi hamba-Nya, salah satunya dalam harta, kita harus sadar bahwa harta bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk orang lain dengan sedekah, infaq, wakaf, dan zakat, karena barang siapa berbuat baik, maka Allah akan membalas kebaikannya di surga-Nya.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H memaparkan bahwa kesadaran merupakan hukum alam, karena setiap orang memiliki kesadaran untuk hidup, seperti sadar waktu, bahwa waktu harus digunakan dan dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadi hal hal yang baik.