humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

UNIDA Ikut Serta dalam Perguruan Tinggi LLDIKTI IV Membangun Desa, Dukung Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Program KKN-T Nusantara 2024

Universitas Djuanda (UNIDA) Ikut serta dalam program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Nusantara Tahun 2024 yang diinisiasi oleh LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten. Program KKNT Nusantara Tahun 2024 ini berlokasi di Desa-desa yang ada di daerah Lampung, Bangka Belitung dan Riau.

Kepala Lembaga LLDIKTI IV Jawa Barat dan Banten Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU, menyampaikan bahwa KKN-T Nusantara bertujuan untuk mengaplikasikan keilmuan dan mengaktualisasikan nilai-nilai kebhinekaan nusantara dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang makmur dan bermartabat.

“Saya berharap, Program KKN-T Nusantara ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi daerah. Program-program yang dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, melestarikan lingkungan, dan memperkuat ekonomi daerah. Mari kita bersama-sama membangun desa yang mandiri dan sejahtera,” tuturnya.

Perwakilan dari UNIDA, yakni Dosen Fakultas Ilmu Pangan Halal Aminullah, S.TP., M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), menuturkan bahwa perlu adanya ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat desa  Oleh karena itu, mahasiswa wajib memahami kondisi tempat KKN dan mematangkan program kerja yang akan dilakukan sehingga mahasiswa dapat mencapai target luaran dengan baik.

“Harapannya agar setiap program yang akan dilaksanakan dapat memberdayakan masyarakat, baik di bidang sosial, budaya dan ekonomi. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya baik kemampuan bersosialisasi, komunikasi, kepemimpinan, dan akademik,” ujarnya.

Adapun mahasiswa UNIDA yang ikut menjadi peserta KKN-T Nusantara 2024 ini ialah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Irpan Saputra, serta mahasiswa Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, Nafhan Maulana Ashary.