humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Kelompok 16 KKN FAIPG UNIDA Berikan Edukasi Bahaya Game Online, Dorong Lebih Peduli Kesehatan Psikologis dan Fisik Anak di Desa Gunung Guruh

Kelompok 16 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) di Desa Gunung Guruh, Sukabumi, mengadakan sosialisasi tentang bahaya game online terhadap psikologi anak pada Jum’at, 2 Agustus 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi masyarakat tentang potensi bahaya game online terhadap kesehatan psikologis dan fisik anak-anak.

Dzulkifli Sabiq, Ketua KKN Kelompok 16 Desa Gunung Guruh, memaparkan berbagai dampak negatif dari penggunaan game online yang berlebihan.

"Kecanduan game online dapat mengganggu pola tidur, mempengaruhi konsentrasi dan kinerja akademik anak-anak," ujar Dzulkifli.

Ia juga menekankan pentingnya pengawasan orang tua terhadap konten game yang dimainkan anak-anak, mengingat beberapa game mengandung unsur kekerasan yang dapat mempengaruhi perilaku.

Geri Agisna Permana S.Pd, Guru Wali Kelas 5 SDN 1 Gunung Guruh, turut hadir dalam acara ini. Beliau menyampaikan harapannya agar melalui sosialisasi ini, orang tua dan pendidik dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam mendampingi anak-anak menggunakan teknologi secara sehat dan bertanggung jawab.

Sosialisasi ini juga membahas solusi untuk mengatasi masalah kecanduan game online, seperti pembatasan waktu bermain, pengawasan konten, dan mendorong anak-anak untuk terlibat dalam aktivitas lain yang bermanfaat.

Para peserta yang merupakan siswa-siswi SDN 1 Gunung Guruh ini pun diajak untuk dapat lebih peduli mengenai kesehatan psikologis dan fisik melalui kebiasaan penggunaan teknologi yang sehat dan seimbang.